Peralatan Drumband

peralatan drumband

Drumband identik dengan musik. Dan suara dari musiknya sendiri berasal dari harmonisasi beberapa alut musik yang dimainkan bersamaan. Drumband adalah orkes yang memainkan serangkaian alat-alat musik—instrument musik pukul, tiup dan instrument pit—yang dibunyikan bersama-sama, dalam suatu barisan yang membentuk suatu formasi mengikuti koreografri irama lagunya. Dilihat dari beragamnya alat musik, peralatan drumband di bagi menjadi beberapa bagian yang masing-masing punya peranannya sendiri dan saling melengkapi.

 

Peralatan drumband dibagi berdasarkan jenis dan cara pemakaian instrument. Instrument utama yang ada dalam drumband biasanya: instrument tiup, instrument perkusi atau alat musik tiup, instrument pit atau statis dan color guard. Untuk lebih jelasnya, tengok keterangannya di sini:

  • Instrument musik perkusi

Alat musik pukul pada drumband biasanya cukup mendominasi dan lebih variatif jika dibandingkan dengan instrument musik perkusi di marching band. Biasanya kelompok yang memainkan instrument musik perkusi disebut battery atau drumline. Sedang jenis instrument musiknya sendiri ada: snare drum, bass drum, tenor/ alto drum yang bisa dibilang inti suara dari sebuah drum band. Ada pula jenis drum trio tom, quint tom dan quard tom. Selain itu ada alat musik pukul lainnya seperti cymbal dan bellyra.

  • Instrument musik tiup

Dalam drumband, instrument musik tiupnya cenderung sederhana dibandingkan marching band. Penggunaan alat musik tiupnya pun hanya mengambil porsi sedikit. Biasanya dalam unit drumband, alat musik tiup yang digunakan hanya sebatas: terompet, thrombone dan mellophone, sisanya ada pianika dan recorder.

peralatan drumband

peralatan drumband jogja

(( Ingin mengetahui tentang peralatan drumband ))

 (( Beserta daftar harga peralatan drumband ))

Dalam komposisi drumband, selain peralatan drumband yang merujuk pada alat-alat musiknya ada pula bagian penting yang lain yaitu mayoret dan color guard. Mayoret adalah yang mengatur formasi barisan serta tempo lagu yang dimainkan selama pertunjukkan drumband berlangsung. Mayoret ini mengomandoi dengan menggunakan kode-kode yang disampaikan dengan tangan dan baton—tongkat mayoret. Sedang, color guard adalah bagian dari unit drum yang biasanya membawa tongkat berbendera. Sambil membawa bendera, unit ini melakukan gerakan tarian atau atraksi lainnya. Yang dibawa oleh color guard ini tidak hanya sebatas bendera saja, terkadang juga senapan, pedang atau tongkat—biasanya ditemui dalam drumband milik kemiliteran atau polisi.

 

Jadi, bisa disimpulkan: baton atau tongkat mayoret, tongkat berbendera atau senapan, pedang dan tongkat bisa dimasukkan sebagai peralatan drumband. Karena bagaimana pun peralatan itu menunjang penampilan drumband. Dengan adanya baton, si mayoret bisa memberikan aba-aba atau kode dengan mudah. Dan dengan color guard membawa bendera atau perlengkapan lainnya, pertunjukkan drum akan lebih semarak dan berwarna. Sehingga jauh dari kesan monoton dan kaku.

 

Jika diamati peralatan drumband tidaklah terlalu rumit. Hanya perlu mengingat saja bahwa pada drumband, alat musik pukul lebih banyak mendominasi jumlahnya. Jenisnya pun lebih variatif. Kebalikan dari instrument musik tiup, alat musik tiup yang dimainkan di dalam drumband cenderung sedikit dan sederhana. Hanya beberapa jenisnya saja yang dipakai. Alhasil, suara yang paling terdengar adalah suara pukulan dari alat-alat musik pukul, sedang bebunyian dari alat musik tiup mengiringi sayup-sayup. Meski komposisi alat musiknya tidak seimbang—instrument musik pukul lebih banyak dari instrument tiup—bukan berarti irama lelagunya tidaklah harmonis. Dengan meracik aransemen lagu dengan rasa pas, dan dieksekusi secara sempurna oleh mayoret dan personilnya; maka pertunjukkan drumband akan menampilkan sajian drumband yang indah untuk didengar dan dinikmati oleh hati.

 

 

 

Kategori: Dunia Drumband marchingband