Alat Musik Marching Band

alat musik marching band

Sebuah grup yang memainkan kombinasi beberapa jenis alat musik bersama-sama, yang diisi dengan beragam gerakan (umumnya baris-berbaris) dan disertai dengan pertunjukkan pemain pendukung (diluar pemain musik) seperti penari atau pembawa bendera—Marching band. Yah, itu gambaran singkat tentang marching band. Dalam marching band, kualitas musikalitasnya sangat diperhatikan; sebab, itu adalah jiwanya marching band. Makanya, komposisi alat musik marching band pun jadi lebih kompleks. Misalnya dalam komposisi alat tiup yang dipakai; alat tiupnya lengkap dari yang berbahan logam hingga kayu, lain halnya pada drumb band yang hanya berupa terompet, trombone, mellophone dan sisanya recorder atau pianica.

 

Ngomong-ngomong apakah kamu adalah segelintir orang yang tahu kalau marching band dan drum band itu berbeda? Yah, kedua jenis band ini beda-beda tipis sehingga kebanyakan orang tidak menyadari perbedaannya karena pada awalnya marching band itu nama lainnya dari drum band. Bingung? Begini kira-kira:

  • Drum band—sekelompok orkes barisan musik yang memainkan lebih banyak alat musik pukul seperti bass drum, snare drum, bellyra atau toms. Yup, dalam komposisi musik drumb band, alat perkusinya lebih banyak daripada alat tiupnya. Di instrument pits-nya ada bells serta xylophone dengan kunci Bb, F dan C. Dan di komposisi lagu, drum band lebih mengarah ke mars dan tidak mementingkan kualitas musik juga berbarisnya.
  • Marching band adalah sekelompok orang yang memainkan lagu dengan kombinasi alat musik—alat musik tiup, perkusi dan beberapa instrumen pit—bersama. Permainan orkesnya diiringi dengan aksi baris-berbaris oleh para pemusiknya sendiri. Dan di sertai pengiring—pemain bendera—nya yang ikut pula memeriahkan formasi barisan. Penampilan berbaris dipimpin satu hingga dua komandan lapangan (gitapati—pemimpin tertinggi dalam marching band) untuk memberi komando pada barisannya untuk membentuk formasi yang berubah-ubah sesuai dengan alur koreografi dan irama lagunya. Komposisi alat musik marching band kebanyakan adalah alat musik tiup—ketimbang instrumen perkusi—yang rata-ratanya berkunci Bb dan F. Karena alat musiknya yang lebih kompleks, marching band biasanya membawakan lagu yang lebih harmonis daripada sekedar mars. Dalam prakteknya, marching band menampilkan pertunjukan orkes yang menitik beratkan pada permainan musik dan visual yang seimbang.

 

 |Daftar harga alat musik marchingband |

 

Komposisi

alat musik marching band

alat musik marchingband murah

pada dasarnya bisa dikelompokkan menjadi beberapa jenis dan caranya alat musik dimainkan. Itu ada: instrumen musik tiup, instrumen musik perkusi instrument pit (statis):

  • Instrumen musik tiup

Awalnya, ragam alat musik tiup pada marching band sama dengan yang digunakan drumb band. Namun seiring berkembangnya zaman, ada beberapa jenis instrument musik tiupnya clarinet, cornet, saxophone (termasuk yang sofprano, alto dan tenor), sousaphone, trombone, dan flute mulai drumb band tinggalkan. Pada marching band, instrument musik tiupnya memilih mellophone, terompet, French horn, tenor horn, euphonium, baritone, contra bass atau tuba.

  • Instrumen musik perkusi

Pemain perkusi dalam barisan marching band disebut drumline atau battery. Sedang instrumen musik perkusi marching band sendiri disebut marching percussion, yang maksudnya adalah instrumen-instrumen musik perkusi yang didesain untuk dimainkan sembari berjalan dengan meletakkan drum pada carrier (pengait khusus) yang dikenakan para drummer. Beberapa instrumen alat tiupnya adalah snare drum, drum bass, drum tenor/ quint, simbal.

  • Instrumen pit

Intsrumen pit pada dasarnya adalah alat musik perkusi yang bernada dan bersifat statis. Jenis alat musik perkusi ini antara lain simbal, xylophone, marimba, vibraphone, gong Cina, timpani, tubular bell drum bass konser.

 

Pengrajin Drumband Yogyakarta

 

 

 

 

Kategori: Dunia Drumband marchingband

Tags: , , ,